Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan menggelar Pentas Seni dan Olahraga di halaman BSCC Dome Balikpapan,  Rabu pagi (26/6). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 26-27 Juni 2019.
Acara yang diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah  di Balikpapan melalui perwakilan gugus atau wilayah yang mengisi 90 stan, yakni 18 stan prakarya,  42 stand SD dan 30 stand SMP.

Mereka mengisi stand dengan kegiatan dan hasil karya siswa termasuk prestasi pendidikan yang dicapai masing-masing sekolah dasar dan SMP.  Disamping digelar pameran prestasi dan karya sekolah  dan Olahraga tradisional seperti cabang Dagongan, egrang, Kasti, Terompah Panjang, Hadang,  Bola Voli dan Futsal.

Wali Kota Rizal Effendi bersama Kadisdik Muhaimin membuka kegiatan yang bertemakan “Menggali Potensi dan Kreasi untuk meraih prestasi dan Semangat Solidaritas. Raih Prestasi, karena ia tidak mendatangi tapi engkau yang menjemputnya.” Selain pentas Seni juga ada pertandingan olahraga termasuk olahraga tradisional.

Pembukaan ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali kota dan Kadisdik. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memberikan apresiasi kepada kegiatan Pentas Seni dan Olahraga ini.

Rizal mengajak orang tua, sekolah dan guru untuk mampu mengali potensi anak termasuk mengarahkan bakat mereka. “Mari kita kembangkan bakat potensi anak-anak kita.

Dengan wadah ini mereka tidak terjebak pada pergaulan yang tidak benar seperti penyalahgunaan narkoba,” ujar Rizal usai membuka acara.

Rizal mencontohkan ada kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh anak usia 9 tahun. Dan ini sangat memukul dunia pendidikan di Balikpapan.

“Karena salah pergaulan. Awalnya ngelem. Lalu jadi pengguna narkoba dan pengedar. Ini jadi perhatian juga tantangan bagi kita bersama,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rizal menyampaikan terimakasih kepada Disdikbud, sekolah, guru dan orang tua murid serta anak-anak sekolah yang mendukung kegiatan ini.

Sebelumnya dibuka, peserta dan pengunjung disuguhi Pentas Seni kreasi pelajar sekolah dasar di Balikpapan. Seperti SD 32 Balikpapan Utara tari Kreasi Cindai dan Tari Jepen Beriman SD 006 Balikpapan Tengah.  Disusul dengan  paduan suara Patra Darma 1 dan SD Patra Darma 3. Mereka peraih medali emas pada Bali Internasional Choir Festival 2018.

Pentas Seni dan Kreasi dilanjutkan dengan penampilan SD 20 Balikpapan Barat dengan tari Yamko Rambe Yamko, Ragam Fashion SD 002 Balikpapan Tengah, dilanjutkan dengan penampilan sekolah lainnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here