Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, menyatakan telah siap 100 persen, menghadapi pelaksanaan pada 1 Juli 2019 mendatang.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020 tingkat SD dan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, menyatakan telah siap 100 persen, dan hanya tinggal menunggu pelaksanaanya saja yang berlangsung pada 1 Juli 2019 mendatang.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, sejauh ini persiapan sosialisasi terus digencarkan oleh panitia PPDB tahun ajaran 2019-2020 baik melalui media cetak, elektronik dan sosial. Bahkan sosialisasi juga telah dilakukan dibeberapa kelurahan yang ada di Kota Balikpapan.

“Alhamdiulillah persiapan sudah matang dan sosialisasi sudah kita laksanakan terus baik melalui media sosial, cetak, dan elektronik, informasi di sekolah juga sudah jalan semua,” ujar Muhaimin, Senin (24/6).

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan Muhaimin
Lanjut Muhaimin, khusus untuk PPDB Online pihaknya juga telah mempersiapkan segala sesuatunya, bahkan seluruh sekolah di Balikpapan baik SD maupun SMP, orang tua murid sudah bisa mendaftarkan anaknya sejak 1 Juli 2019.

“Untuk online kita sudah siap juga. Semua sekolah bisa. Tinggal diakses ke Web Disdikbud Balikpapan saja. Apa saja persyaratan dan bagaimana cara daftarnya sudah tercantum semua disitu,” jelasnya.

Muhaimin menambahkan, PPDB online sesuai Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang jalur zonasi, memang masih menjadi perdebatan diberbagai kota, namun di Balikpapan sejak diberlakukan beberapa tahun lalu, tidak ditemui kendala yang berarti. Bahkan dinilainya, sistem zonasi ini sangat membantu untuk pemerataan dunia pendidikan di Balikpapan.

“Memang zonasi masih jadi perdebatan di beberapa daerah, tapi Balikpapan kan sejak 2018 sudah tidak ada masalah lagi. Bahkan zonasi ini membantu pemerataan kualitas pendidikan di daerah,” terangnya.

Muhaimin berharap, adanya wacana dari presiden tentang akan mengkaji kebijakan zonasi ini, tidak dilakukan, pasalnya Balikpapan saat ini sudah sangat siap dan baik dalam hal pelaksanaannya di lapangan.

“Balikpapan Insya Allah siap, mudahan tidak ada regulasi yang berubah lagi, sehingga tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat,” harapnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here