Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak Jumat malam hingga Sabtu siang, akhirnya membuat sejumlah lokasi terendam air dan terjadi tanah longsor.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan sejak Jumat malam sekitar pukul 23.00 Wita hingga Sabtu siang sekira pukul 11.00 Wita, akhirnya membuat sejumlah lokasi terendam air dan terjadi tanah longsor.

Pantauan Poskaltim.com sejumlah jalan yang menjadi genangan air diantaranya Jalan Wonorejo Balikpapan Utara, Jalan Beller Balikpapan Kota, dan Jalan MT Haryono Balikpapan Selatan. Sedangkan lokasi tanah longsor terdapat di Kelurahan Telagasari, Kelurahan Klandasan Ulu, Kelurahan Gunungsari dan Kelurahan Karang Rejo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno mengatakan, berdasarkan laporan personilnya terdapat tiga lokasi banjir serta empat titik longsor. Namun seluruhnya bisa ditangani dengan sigap, lantaran sejak malam hari personil BPBD telah bersiaga.

“Alhamdulillah sejak malam kita sudah siaga karena melihat kondisi cuacanya. Laporan yang kita terima di lapangan ada tiga banjir dan empat longsor. Sejauh ini kita sudah tangani,” ujarnya.

Lanjut Suseno, langkah penanganan yang dilakukan oleh BPBD diantaranya bantuan makan siang bagi korban banjir, evakuasi bagi yang berbahaya dan menutup terpal bagi lokasi longsor.

“Penangannya seperti membagikan nasi untuk korban banjir, jika ada yang berbahaya kita lakukan evakuasi juga. Bagi korban longsor kita bagikan terpal dulu untuk mencegah terjadinya longsor susulan,” jelas Suseno.

Sementara itu, salah seorang korban tanah longsor Muharti (52) warga Jalan S Parman menjelaskan, halaman rumahnya yang mengalami longsor terjadi sekitar pukul 06.00 Wita. Saat itu sedang terjadi hujan yang cukup deras.

“Jam 6 pagi tadi mas kejadiannya. Kan deres itu hujannya, tau-tau ada suara dentuman. Saya langsung laporkan ke suami aja, kan takut saya,” ujarnya.

Beruntung tidak mengenai rumah Muharti, longsor hanya terjadi dipekarangan rumahnya saja. “Alhamdulillah, suami langsung minta bantuan sama pak RT. Baru ada warga yang bawa terpal,” tambahnya.

Sejauh ini hingga pukul 12.00 Wita hujan masih terjadi, namun dengan intensitas yang ringan. Dan BPBD juga belum menerima adanya laporan korban jiwa akibat banjir dan tanah longsor ini.

“Alhamdulillah sejauh ini belum ada laporan adanya korban baik banjir dan tanah lingsor. Semoga saja tidak ada lah ya,” ucap Suseno.(AND/YAN)

2 COMMENTS

  1. […] Indonesiainside.id, Balikpapan — Kota Balikpapan tertimpa banjir dan longsor akibat hujan deras yang turun sejak Jumat malam sekitar pukul 23.00 WITA hingga Sabtu siang sekitar pukul 11.00 WITA. Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah jalan yang menjadi genangan air diantaranya Jalan Wonorejo Balikpapan Utara, Jalan Beller Balikpapan Kota, dan Jalan MT Haryono Balikpapan Selatan. Sedangkan lokasi tanah longsor terdapat di Kelurahan Telagasari, Kelurahan Klandasan Ulu, Kelurahan Gunungsari dan Kelurahan Karang Rejo. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here