Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Memasuki musim kemarau di seluruh Indonesia, menuntut kewaspadaan tinggi dari masyarakat untuk tidak membakar sampah dan lahan kebun secara sembarangan, apalagi mendekati pemukiman penduduk.

Camat Sambutan, Nofiansyah mengimbau agar warganya bisa waspada akan kebakaran lahan dan hutan di sekitar pemukiman mereka. Terutama, warga yang berada di Kelurahan Makroman, Kelurahan Sindang Sari dan Kelurahan Sambutan.

“Waspada kebakaran hutan dan lahan. Jangan sampai warga lengah dengan kondisi kemarau kali ini. Memang yang kita lihat cuma lahan kecil, tapi dampaknya sangat besar jika terjadi kebakaran, terutama bagi kualitas udara disekitar lingkungan kita,” ujarnya, Minggu (1/9).

Camat juga memberikan peringatan agar warga tidak memanfaatkan cuaca panas untuk membuka lahan kebun dengan cara dibakar. Jika memang ditemukan ada warga yang membakar lahan untuk kebun, aparat kecamatan tidak segan akan melakukan penindakan.

Camat juga mengimbau, warga yang tinggal dikawasan padat penduduk agar dapat lebih waspada akan bahaya kebakaran. Karena pada saat musim panas terik sangat mudah memicu kebakaran.

“Kita akan tindak tegas, sudah ada kerjasama dengan Dinas Kehutanan dan pihak terkait lainnya. Jangan sampai nanti di lapangan justru warga sendiri yang ditangkap gara-gara bakar lahan untuk berkebun,”ucapnya. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here