Aksi kejahatan yang memanfaatkan pemudik lebaran kerap terjadi. Seperti yang dialami seorang penumpang kapald iPelabuhan Semayang

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Masyarakat Balikpapan khususnya pemudik di Pelabuhan Semayang patut berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, kejahatan bisa saja terjadi, bila ada kesempatan. Seperti yang dialami salah satu penumpang kapal KM Bukit Siguntang, Sabtu (1/6) siang.

Penumpang tujuan Makassar bernama Jumrah, diambil uangnya. Nilainya Rp4,5 juta, beserta handphone (HP) Blackberry miliknya. Padahal, saat itu, uang beserta HP berada di dalam tas selempang dan melekat dibadannya.

Jumrah kala itu telah berada di dalam kapal. Saat itu kapal sedang bersandar di Pelabuhan Semayang dan situasi sangat padat penumpang.

“Kondisi tadi padat. Berdesak-desakan. Sehingga korban tidak tahu kalau tasnya dikorek-korek dan isinya diambil pelaku. Uang dan HP korban diambil. Kejadian sekitar pukul 11.30 Wita tadi,” ujar Brigpol Taufik, yang bertugas.

Namun, aksi kejahatan itu diketahui korban sesaat setelah pelaku berhasil mengambil uang dan HP dari tasnya selempangnya. “Korbannya tahu. Langsung dilaporkan ke petugas TNI yang ada di dalam kapal. Kemudian dilaporkan ke kami. Sehingga langsung kami amankan,” tambahnya.

Belakangan diketahui, pelakunya berinisial T. Residivis kasus kekerasan dan pencurian ini memang kerap memanfaatkan momentum mudik untuk menjalankan aksinya.
“Dia bukan penumpang kapal. Pelaku memang spesialis. Memanfaatkan momen mudik ini,” jelasnya.

Usai diamankan petugas pengamanan di pelabuhan tersebut, T, langsung dibawa ke Polsek KP3 Semayang, Jalan Yos Sudarso.

“Dia sudah dibawa ke kantor. Tapi uang korban sebagian sudah diberikan ke teman pelaku. Dibawa kabur teman pelaku. Saat ini masih kita cari. Inisialnya A. Ciri-cirinya sudah kita kantongi,” ujarnya. (AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here