Bunga Telang yang memiliki banyak khasist kesehatan selain sebagai pewarna alami.

Oleh: Yuliawan Andrianto

Indonesiainside.id, Samarinda — Selain sebagai pewarna alami untuk warna biru, bunga Telang atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Clitoria tematea, ternyata juga memiliki berbagai khasiat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Menrut Chef Ahmad Fazree asal Kuala Lumpur yang ditemui di Hotel Senyiur Samarinda, disebutkan jika bunga Telang kerap menjadi pewarna alami untuk masakan nasi Kerabu. Selain itu, bunga Telang juga kerap dijadikan teh biru yang dapat berubah warna menjadi merah muda atau pink ketika terkena perasan jeruk lemon atau nipis.

“Bunga Telang biasa ditemukan dalam berbagai masakan Melayu. Biasanya nasi bersantan. Macam nasi Kuning tetapi warna kuning berganti biru karena penggunaan bunga Telang ini,” ujarnya, Sabtu sore (29/2).

Tanaman perdu yang biasa ditanam di pekarangan rumah ini daunnya berbentuk bulat kecil mirip daun kelor. Bunganya berwarna ungu dengan sisi putih kekuningan. Bunga Telang akan berbunga sejak tiga bulan usai semai benih dari biji. Biji-biji bunga telang berasal dari bunga yang telah mekar, yang kemudian biji yang terbungkus dalam penampang yang mirip kacang-kacangan (polong-polongan). Jika biji sudah tua, akan berubah warna dari hijau ke warna hitam.

Sementara itu di Café Lekker di Jalan Slamet Riyadi Samarinda, bunga Telang dijadikan salah satu menu minuman teh dengan nama menu Butterfly Tea yang disajikan dengan teko kaca dan secangkir kecil madu sebagai pemanisnya.

“Efek madu juga dapat memberikan perubahan warna dari biru menjadi pink. Karena madunya sudah bercampur dengan perasan jeruk,” ujar Yuni menerangkan.

Walau disebut teh, namun rasa bunga Telang yang diseduh dengan air panas atau dingin ini tidak ada sama sekali rasa teh. Rasanya tawar dan netral. Berbeda dengan teh yang menyisakan sensasi sepat dalam setiap tegukan.

Sementara itu, khasiat si biru bunga Telang untuk kesehatan ternyata mampu menahan penuaan karena memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Selain itu, warga biru bunga Telang mampu membantu kecerdasan otak melalui senyawa nootropic.

Sebuah jurnal riset yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Altera Medicine menunjukkan bunga Telang dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes mellitus. Mengonsumsi teh bunga Telang setelah makan akan memperlambat penyerapan glukosa, sehingga gula darah tetap stabil.

Selain itu bunga Telang juga dapat menekan kadar triglyceride (lemak dalam darah) dan jumlah kolesterol total dalam tubuh. Dengan turunnya kadar triglyceride dalam darah, akan menurunkan resiko serangan jantung.

Dan terakhir khasiat bunga Telang berkhasiat menjadi anti depresan. Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut bunga Telang ternyata diyakini ampuh untuk meredam kecemasan.(https://indonesiainside.id/news/2020/02/29/182294)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here