Sejak tanggal 29 Mei hingga 13 Juni peserta JKN KIS tetap bisa menerima pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar

Oleh : Muhammad Rizqi

Poskaltim.com, Samarinda — Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat di seluruh Indonesia khususnya di Kalimantan Timur tidak perlu khawatir akan perayaan di hari raya Idul Fitri.

Sebab sejak tanggal 29 Mei hingga 13 Juni peserta JKN KIS tetap bisa menerima pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar, begitu juga dengan pemudik yang bepergian keluar kota, kartu BPJS Kesehatan akan tetap berlaku bagi para peserta.

“Peserta yang ingin melakukan pengobatan saat sedang mudik keluar kota akan bisa menggunakan kartu milik mereka di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP ) di daerah yang dituju oleh para peserta, dan untuk mengetahui informasi tersebut peserta bisa membuka melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mudik atau di Care Center 1500 400” ucap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Samarinda, Octovianus Ramba, saat ditemui di kantornya, Senin (3/6).

Octo juga menambahkan jika pada saat mendesak atau saat melakukan pengobatan para peserta tidak mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdekat, peserta bisa.langsung mendatangi Instalasi Gawat Darurat di rumah sakit terdekat.

“Pada saat darurat FKTP maupun Rumah Sakit lanjutan wajib melayani peserta BPJS Kesehatan, serta peserta juga harus mengikut prosedur dan persyaratan yang berlaku di rumah sakit atau FKTP yang didatangi,” ujar Octo .

Sementara itu juga BPJS Kesehatan sudah berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan fasiilitas kesehatan di Kaltim untuk siap siaga melayani para pemudik. Sehingga pelayanan yang dilakukan bisa maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat.(RZQ/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here