Bank Indonesia Kaltim melakukan sosialisasi terhadap camat dan lurah di Samarinda, untuk mengetahui ciri-ciri keaslian urang rupiah yang beredar.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur mengundang para camat dan lurah di Kecamatan Samarinda Kota dan Samarinda Ulu dalam Sosialisasi Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah dan program “5 Jangan”.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat menjaga dan memperlakukan uang Rupiah secara baik dan benar. Selain itu, pada sosialisasi ini BI berupaya untuk memberikan pengetahuan tentang masa edar uang dan keabsahan uang Rupiah yang beredar di masyarakat.

“Hari ini kita mengundang camat dan lurah dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Samarinda Ulu dan Kecamatan Samarinda kota. Dua kecamatan ini memiliki jumlah kepala keluarga yang cukup banyak. Di Samarinda Ulu ada 34.000 KK, dan Samarinda Kota lebih dari 9.000 KK. Kita berharap sosialisasi dan kegiatan BI ini dapat sampai ke masyarakat lebih cepat,” ujarnya, Jumat (11/10).

Yudhistira mengatakan pentingnya mengajak lurah dan camat dalam pengetahuan tentang uang kertas dan uang layak edar di masyarakat sehingga dapat menghargai uang kertas dengan baik, tidak mudah tertipu dengan uang palsu dan dapat mengganti uang lusuh dengan uang baru yang layak edar.

Selain mengenalkan rumus “5 Jangan”, BI Kaltim juga mengingatkan masyarakat agar selalu melakukan pengecekan sederhana terhadap keaslian uang Rupiah sebagai alat pembayaran dengan cara Dilihat, Diraba dan Diterawang (3 D), sehingga masyarakat tidak mudah tertipu dengan uang palsu yang diedarkan orang yang tidak bertanggungjawab.

“Apalagi jika uang palsu yang dipergunakan untuk berbelanja, dicampur dengan uang kertas asli namun lusuh, maka akan dapat mengurangi kewaspadaan penerima uang tersebut,” ujarnya.

Untuk mengganti uang lusuh dan tidak layak edar di masyarakat, Bank Indonesia Kaltim telah menyediakan mobil kas-kas keliling dan menyediakan waktu khusus untuk penukaran yaitu pada Senin sampai Jumat setiap harinya, bertempat di Taman Samarendah.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here