Masyarakat Balikpapan terlihat antusias melakukan penukaran uang untuk kebutuhan lebaran 2019

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Masyarakat Balikpapan terlihat sangat antusias melakukan penukaran uang untuk kebutuhan lebaran 2019. Antrian warga terlihat cukup panjang, setelah layanan dibuka selama satu jam sejak pukul 13.00 Wita, dihalaman Ace Hardware Balikpapan Permai (BP). Tercatat tidak kurang 300 orang antrian terlayani pada Minggu (26/5) siang.

“Kami tetapkan satu titik, dalam kegiatan penukaran uang. Artinya ingin menambah jangkauan layanan penukaran. Volumenya juga, dan makin banyak yang menukarkan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto.

Layanan penukaran uang pecahan kecil bukan hanya dari Bank Indonesia saja, tetapi juga dilakukan oleh delapan bank lainnya, diantaranya Bank Kaltimtara, Bank Kaltimtara Syariah, Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, BJB dan Maybank.

“Kami menawarkan kepada bank-bank siapa yang mau join, hari ini ada delapan bank yang bisa melayani penukaran di satu titik ini. Yaitu di Lapangan Parkir Ace hardware dimulai pukul 13.00 – 17.00 Wita,” jelas Bimo disela-sela memantau jalannya penukaran uang.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyiapkan delapan unit bis penukaran uang pecahan kecil
Lanjut Bimo, mengingat kebutuhan masyarakat cukup tinggi, maka Bank Indonesia menggunakan paket nilai maksimal penukaran sebesar Rp3.900.000 yang terdiri atas Rp2.000.000 uang rupiah pecahan Rp20.000, Rp 1.000.000 uang rupiah pecahan Rp 10.000, Rp500.000 uang rupiah pecahan Rp5.000, Rp400.000 uang rupiah pecahan Rp2.000.

Sementara itu, sejak hari pertama, hingga kini BI Kwp Balikpapan telah berhasil ditarik sebesar Rp900 miliar. “Penarikannya macam-macam, total yang sudah ditarik Rp900 miliar. Ini masih sedikit. Saat ini masih ada sekitar Rp.1,4 triliun. Prediksi sampai lebaran persediaan uang di kantor aman, sudah disiapkan Rp2,3 triliun,” terangnya.

Layanan penukaran uang juga masih akan dilaksanakan hingga 29 Mei 2019. Layanan diberikan di sejumlah titik, salah satunya di halaman Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan. Bank Indonesia mengimbau, masyarakat melakukan penukaran di outlet penukaran resmi.

“Himbauan kita untuk masyarakat sebaiknya menukar di tempat yang resmi lah ini mengantisipasi beredarnya uang palsu,” ujarnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here