Kasus ini ramai diperbincangkan setelah muncul kepublik usai Galih Ginanjar mengumpamakan mantan istrinya, Fairuz A Rafiq, dengan istilah ikan asin.

Oleh: Fichri Hakiim / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Polda Metro Jaya sudah merampungkan berkas kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Artis Pablo Benua, Rey Utami dan Galih Ginanjar, pada Selasa (15/10). Berkas tersebut sudah komplet alias P-21.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan mereka bertiga segera diadili. “Iya, kasus vlog ikan asin sudah P-21 ya,” ujarnya di Jakarta, Selasa (15/10).

Sementara itu ia menuturkan, Polda Metro Jaya akhrinya melimpahkan berkas tiga tersangka kasus video ikan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Tiga tersangka beserta barang buktinya kini sudah diserahkan ke kejaksaan.

Argo menambahkan, tiga tersangka yaitu Galih Ginanjar, Rey Utami dan Pablo Benua telah menjadi tahanan kejaksaan. “Ada 3 tersangka yang sudah diserahkan ya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, kasus vlog ikan asin ini tercatat dengan Nomor:B-8322/M.1.4/Eku.1/10/2019. Ketiganya disangkakan dengan muatan penghinaan atau pencemaran nama baik yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Seperti diketahui, kasus ini ramai diperbincangkan setelah muncul ke publik usai Galih Ginanjar mengumpamakan mantan istrinya, Fairuz A Rafiq, dengan istilah ikan asin. Hal tersebut diungkap Galih saat diwawancara oleh Rey Utami yang diunggah dalam video YouTube “Rey Utami dan Benua” dengan konten “Mulut Sampah”.

Pernyataan itu membuat Fairuz tersinggung dan sakit hati. Kemudian, Fairuz melaporkan Galih Ginanjar serta pasangan suami istri Rey Utami dan Pablo Benua sebagai pemilik akun YouTube ke Polda Metro Jaya.

Atas perlakuan ketiganya, mereka diancam dengan Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 UU ITE juncto, Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 23 ayat 3 juncto, Pasal 36 juncto, Pasal 51 UU ITE juncto, Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP dengan ancaman enam tahun penjara. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here