Johann Zarco saat mengendarai motor balap di tim LCR Honda

Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Pembalap asal Prancis Johann Zarco yang menggantikan pembalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami, menargetkan finis diposisi 10 besar pada Grand Prix Malaysia, pada Ahad (3/10) esok. Untuk tiga seri terakhir musim ini, Zarco menggantikan Takaaki yang menjalani operasi bahu.

Di debutnya bersama tim independen Honda itu, Zarco mengemas poin dengan finis P13 di Australia pekan lalu dan optimistis bisa menuai hasil positif di Sirkuit Sepang akhir pekan nanti.
“Tentu Sepang akan menjadi trek yang berbeda dari Phillip Island dan dia adalah trek di mana aku memiliki banyak kenangan bagus di MotoGP dan Moto2,” kata Zarco seperti dikutip laman resmi tim, Kamis.

Zarco memenangi balapan di Malaysia dua tahun beruntun, 2015 dan 2016 ketika masih membalap di Moto2.

Satu tahun berselang, Zarco finis podium di tahun debutnya di MotoGP.

“Kepercayaan diri yang aku dapat dengan Honda di Phillip Island akan membantuku memulai latihan lebih baik. Aku akan bisa lebih menikmati kualitas dari motor ini, khususnya karena Sepang akan sangat cocok dengan motor ini, dengan titik pengereman lebih bnyak dan tikungan cepat yang sedikit.

“Aku memiliki energi yang sangat baik dan aku harap bisa mengemas sepuluh besar, mungkin lima besar,” kata rekan satu tim Cal Crutchlow itu.

Di saat tiga tim pabrikan teratas, Ducati, Repsol Honda, Yamaha Factory Racing, masih bersaing untuk gelar tim pabrikan terbaik, LCR Honda masih memiliki kesempatan untuk bertarung untuk gelar tim independen setelah hasil positif di Australia.

Namun demikian, meski finis runner-up di Australia, Cal Crutchlow masih penasaran dengan performa motor RC213V di balapan seri ke-18 nanti mengingat hasil tes pra-musim di Sepang kurang memuaskan.

“Kami tak pernah merasa bagus di sana ketika tes musim dingin. Saat itu kami sedang dalam tahap mempelajari motor baru ini,” kata Crutchlow.

“Kami sadar jika motor ini lebih sulit dikendalikan dari pada tahun-tahun sebelumnya dan setelah mencoba membuat motor ini lebih tenang di trek Malaysia ini jadi aku menantikan tiba di sana dan melihat apakah motor bekerja lebih baik dari yang kami lakukan di tes itu.”(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here