Makanan khas dari Sulawesi -Selatan yang satu ini cocok untuk mengisi perut di pagi hari sebelum beraktivitas. Makanan bernama Bassang ini patut menjadi makanan sehat yang mudah di cerna

Oleh: Andi Amriani / Yuliawan A

Poskaltim.com, Makassar – Makanan khas dari Sulawesi -Selatan yang satu ini cocok untuk mengisi perut di pagi hari sebelum beraktivitas. Makanan bernama Bassang ini patut menjadi makanan sehat yang mudah di cerna.

Dulunya, bassang merupakan menu yang unik hanya didapatkan di rumah-rumah tertentu atau butuh perencanaan untuk membuatnya. Karena makanan berbahan dasar jagung ini, tidak seru jika hanya disantap seorang diri. Sehingga butuh waktu khusus untuk mengundang teman-teman bersantap bassang bersama.

Nah, seiring perkembangan zaman, Bassang sudah bisa Anda dapatkan di setiap sudut-sudut Kota Makassar. Pedagang bassang mulai menjamur di pagi hari, dan ramai pengunjung karena enak disantap saat masih hangat.

Makanan tradisional yang menggugah selera ini berbahan dasar jagung, tepung terigu, santan, air, garam dan gula.

Jika Anda berkunjung ke Makassar, maka pada pagi hari, Anda bisa melihat dibeberapa wilayah, ada pedagang Bassang. Mereka hanya menggunakan meja, dan spanduk bertuliskan Bassang Malino dan ada juga Bassang Maros.

Pada dasarnya semua sama, tetapi mungkin karena berbeda daerah maka bentuk penyajian dan rasanya sedikit bervariasi. Misalnya bassang Malino menggunakan sedikit gula dan santan sedangkan Maros yang dominan pencinta manis lebih mengedepankan kekentalan santannya.

Penasaran dengan namanya, disebut bassang karena makanan ini sangat mengenyangkan. Dalam bahasa Makassar Bassoro yang artinya kenyang.

Dg. Ranne, salah seorang penjual bassang di Jl. Hertasning ini, menjelaskan, awal mula memulai usahanya, karena hobi santap bassang. Biasanya membuat 1 liter jagung untuk disantap bersama keluarga.

Hasil buatannya mendapat pujian tidak hanya dalam lingkup keluarganya saja tetapi juga tamu dan tetangga yang ikut mencicipi. Nah, dari situlah dia terinspirasi untuk menjual bassang.
“Awalnya hanya membuat porsi sedikit saja. Ternyata banyak yang cari akhirnya membuat dengan porsi besar,” katanya.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat bassang di rumah. Siapkan saja bahan-bahannya, cara membuatnya tidaklah susah. Resep di bawah ini bisa menjadi contoh.

Bahan-bahan
400 gram jagung putih
200 gram kelapa tua
1 sendok kapur sirih
Air secukupnya
Garam secukuonya
Gula secukupnya
Cara membuatnya
1. Jagung direndam dengam kapur sirih beberapa jam agar kulitnya terkelupas kemudian bersihkan
2. Masak dengan santan cair dan garam sampai matang dan sedikit lembek
3. Turunkan santan k3ntalsambil diaduk terus sampai kuahnya kental
4. Angkat dan hidangkan.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here