M. Barkati (baju putih tengah) bersama Anggota DPRD Samarinda, usai pencoblosan. Arif Kurniawan meraih 10 suara dan Barkati berhasil mengumpulkan 35 suara.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda -– Setelah hampir satu setengah tahun Kota Samarinda tidak memiliki wakil wali kota, akhirnya pada Kamis siang, terpilih Muhammad Barakati sebagai Wakil Walikota Samarinda untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Barakati terpilih sebagai Wakil Wali Kota Samarinda setelah berhasil menyisihkan lawannya yaitu Arif Kurniawan, dengan selisih 25 suara. Barakati menang telak dengan 35 suara dan Arif Kurniawan meraih 10 suara. Dari 45 suara anggota DPRD Kota Samarinda, tingkat kehadirannya seratus persen dan tidak ada suara rusak.

Jadwal pemilihan yang sedianya dilaksanakan pada pukul 10.00 wita, molor menjadi pukul 11.30 Wita karena anggota dewan yang hadir belum memenuhi kuorum.

Setelah Rapat Paripurna Masa Sidang II Tahun 2019 dibuka oleh Ketua DPRD Samarinda, Alpad Syarif, yang didampingi oleh Wakil Ketua Siswadi dan Helmi, acara dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi masing-masing bakal calon 01 yang dimulai oleh Barakati dan dilanjutkan calon nomor urut dua, Arif Kurniawan.

Usai penyampaian visi-misi, anggota DPRD yang berjumlah 45 orang langsung menuju ruangan yang disediakan untuk melakukan pencoblosan. Usai penghitungan, diketahui Barakati lebih unggul daripada Arif dengan selisih suara yang cukup jauh.

Usai acara Barakati menyampaikan ucapan terima kasih dan meminta dukungan semua pihak untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan melalui kursi Wakil Wali Kota Samarinda yang ia dapatkan.

“Mari kita bersama memajukan Kota Samarinda. Perbedaan pilihan dalam politik itu adalah hal yang dinamis. Kini saatnya untuk bersatu memajukan Kota Samarinda,” ujarnya singkat.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang, beberapa waktu lalu telah menyodorkan dua nama ke DPRD Samarinda untuk mengisi kekosongan jabatan wakil wali kota Samarinda setelah wafatnya Wakil Wali Kota Nusyirwan Ismail pada awal tahun 2018 lalu.

Terpilihnya Barakati nantinya akan mendampingi Syaharie Jaang menjadi Wakil Wali Kota Samarinda untuk sisa masa jabatan yang tinggal tersisa selama satu tahun empat bulan. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here