Bantuan mulai berdatangan bagi korban kebakaran pada MInggu dinihari di JAlan Jelawat Samarinda

Oleh: Mashardiansyah

Poskaltim.com, Samarinda — Bantuan terhadap korban kebakaran yang terjadi pada Senin dini hari di Jalan Jelawat, Gang 8 dan 9, RT 03, Kelurahan Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, yang menghanguskan enam unit rumah milik warga mulai berdatangan.

Dalam musibah kebakaran tersebut 14 Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 52 jiwa kehilangan tempat tinggal. Bantuan yang mulai datang berupa beras, mie instan, air mineral, minyak goreng, selimut, matras, tikar, gula pasir, pakaian layak pakai dan lain-lain yang langsung diterima oleh pengurus posko kebakaran yang didirikan pihak kelurahan sejak Senin pagi.

Dengan adanya posko serta bantuan tersebut, diharapkan dengan adanya bantuan ini akan membantu meringankan penderitaan warga yang terkena musibah kebakaran.

Surayjin selaku Lurah Sidodamai mengatakan, bantuan ini sebagai tahap awal tanggap darurat. Pihaknya akan berkonsentrasi dalam mengurus kebutuhan para korban yang terdampak, khususnya terhadap wanita dan anak-anak, sebab merekalah yang sangat membutuhkan penanganan lebih cepat.

“Saat ini memang kami konsentrasi mengurus ibu-ibu dan anak-anak jangan sampai terlantar. Kita akan pastikan dapur umum berjalan dan kebutuhan darurat korban kebakaran,” ujar Surayjin, pada Senin (27/5).

Pada Senin pagi kondisi psikologis korban yang terdampak kebakaran relatif membaik, hampir seluruh korban kebakaran dapat ditampung di rumah milik warga dan ada pula yang yang langsung menginap di rumah keluarga masing-masing.

“Sementara waktu ada yang tinggal di musholla, Untuk selanjutnya, kami masih melakukan pendataan. Sedangkan bantuan pendataan melihat apa yang dibutuhkan, untuk tanggap darurat kita lihat selama tiga hari, kalau hasil evaluasi perlu diperpanjang maka akan kita tambah,” ungkapnya.(MSD/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here