Sektor pariwisata akan mendampingi sektor infrastruktur yang akan ditawarkan dalam pameran di London, Inggris, bersama Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur

Oleh : Muhammad Rizqi

Poskaltim.com, Samarinda — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur (KPw Kaltim) turut mendampingi Pemprov Kaltim dalam pameran investasi ekonomi di London, Inggris bersama Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

KPw BI Kaltim pun sudah mempersiapkan berbagai bahan presentasi dan juga kajian ekonomi untuk mendukung Pemprov Kaltim dalam menarik para investor asing tersebut.

Bank Indonesia pun mengagendakan acara serupa sejak tahun 2015 lalu bersama Gubernur Kaltim. Kegiatan ini juga sebagai promosi investasi untuk mengundang investor asing untuk langsung berinvestasi di beberapa proyek besar yang saat ini sedang berjalan di Kaltim.

“Agenda ini merupakan agenda yang sudah memiliki Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Gubernur Kaltim pada tahun 2015 lalu. Agenda ini digagas langsung oleh KBRI di London dan juga Bank Indonesia perwakilan disana,” ujar Dirwanta Firsta, Asisten Manajer – Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kaltim, kepada Poskaltim.com, Senin (1/7).

Hanya ada tiga provinsi yang diundang, yaitu Kaltim, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Kaltim akan mempromosikan berbagai proyek strategis yang ada seperti destinasi pariwisata di Pulau Maratua, pabrik semen, depot kontainer di Kariangau Balikpapan, proyek jalan tol Samarinda-Bontang dan beberapa proyek lainnya. Sehingga diharapkan nantinya disana banyak investor yang tertarik.

Pada event tersebut juga nantinya, Gubernur Kaltim Isran Noor akan diberikan kesempatan berbicara dan memaparkan sejumlah pertumbuhan dan keunggulan ekonomi Kalimantan Timur. Selain itu juga nanti ada pertemuan khusus antara Pemprov Kaltim bersama investor secara langsung.

“Jika nanti kita bisa dapat investor, tentu ini akan berdampak positif bagi Kaltim, karena selama ini komponen investasi tidak sebesar komponen ekspor, keuntungannya multiplayer efeknya besar dan berdampak bagi daerah dan juga ketenagakerjaan yang ada,” jelas Dirwan.(RZQ/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here