Kabar hoax tentang penutupan Bandara APT Pranoto Samarinda selama dua bulan, dinilai merugian masyarakat.

Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Saat ini masih saja ada oknum masyarakat yang gemar menebar kabar bohong dan sok tahu tentang sesuatu hal yang bukan bidang keahliannya.

Keluhan ini disampaikan oleh Kepala Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) di Kota Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi yang menyinggung tentang kabar bohong, yang mengatakan Bandara APT Pranoto akan tutup selama dua bulan terkait pemasangan lampu landasan atau AFL (Air Field Light).

“Memang benar kami sedang melakukan pemasangan lampu landasan agar operasional bandara yang saat ini hanya bisa dipakai siang hari, akan dapat beroperasi pada malam hari. Namun kegiatan pengerjaan tersebut tidak mengganggu jadwal penerbangan. Apalagi sampai tutup dua bulan,” ujarnya, Jumat (18/10).

Maskapai penerbangan di Bandara APT Pranoto Samarinda tidak mengalami gangguan selama pemasangan lampu landasan. Apalagi pengerjaannya dilakukan pada malam hari.
Dodi Dharma menegaskan bahwa berita atau isu yang beredar di masyarakat tersebut tidak benar alias merupakan berita hoaks. Ia juga menegaskan bahwa penyebar berita hoaks dapat dijerat dengan Pasal 45A UU RI No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengonfirmasi berita atau kabar apapun yang menjadi isu terkait Bandara APT Pranoto Samarinda secara resmi ke pihak manajemen bandara melalui email humas@aptpranotoairport.com, serta melalui Sosial Media Resmi Bandara.

“Jadi informasi yang mengatakan bandara tutup selama dua bulan tidak benar yah. Walaupun kita melakukan pekerjaan pemasangan lampu landasan atau AFL, kita akan kerjakan pada malam hari dan tidak akan mengganggu operasional bandara,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here