Rusaknya beebrapa bagian landasan pacu Bandara APT Pranoto Samarinda, mengakibatkan penerbangan sepanjang Sabtu ditutup dan dialihkan ke Bandara SAMS Balikpapan yang berjarak lebih dari 115 Km dari

Oleh : Muhammad Rizqi

Poskaltim.com, Samarinda — Unit Penyelenggara Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) Samarinda akhirnya menutup operasional Bandara APT Pranoto Samarinda pada Sabtu dan diperkirakan hingga Minggu (23/6) menyusul ditemukannya kerusakan di landasan pacu bandara pada Sabtu pagi (22/06).

Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda, Dodi Dharma Cahyadi mengatakan bahwa proses perbaikan sedang dilakukan saat ini. Dirinya juga sedang berkoordinasi dengan pihak terkait agar persoalan ini cepat diatasi.

“Saat ini tim teknis kami sedang dalam proses perbaikan runway yang mengalami kerusakan,” ujarnya.
Hingga berita ini dibuat, perbaikan landasan pacu ini masih berlangsung dan diharapkan dapat selesai sehingga minimal pada siang Minggu operasional bandara dapat normal kembali.

Akibat terkelupasnya aspal landasan pacu ini mengakibatkan ebberapa pesawat akhirnya mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan pada Sabtu sore ini.

Diinformasikan bahwa penutupan Bandara APT Pranoto Samarinda hari ini pada 08:00 UTC (16:00 WITA) s.d 11:00 UTC (19:00 Wita) atau bisa dikatakan sampai Close Operational Bandara, lantaran terkelupasnya aspal runway pada posisi depan tower Bandara (STA 1+500).

Total ada sembilan penerbangan yang mengalami cancel pada hari ini. Pihak bandara pun menyampaikan permohonan maaf dari pihak Unit Penyelenggara Bandar Udara selaku pengelola, atas ketidaknyamanan yang terjadi saat ini. Keputusan tutupnya bandara diambil terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Bandara lebih baik kami tutup dulu sementara, guna keselamatan seluruh penumpang maskapai, karena kami tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan bersama terjadi,” ujar Dodi.

Sementara itu, Poskaltim.com, meminta statement kepada pihak kontraktor yang mengerjakan runway Bandara APT Pranoto, yaitu pihak Hutama Karya, yang mengerjakan perbaikan hingga malam hari.

“(Kerusakan) karena belum peruntukannya sudah dipaksa masuk semua beban (maskapai),” ucap Ramdhani selaku Manager Hutama Karya. Maksud dari ucapan ini adalah landasan pacu sejak diresmikan pada akhir tahun 2018, sebenarnya tidak kuat atau belum siap menerima beban berat dari banyaknya pesawat-pesawat yang rata-rata berjenis pesawat berbadan lebar.(RZQ/YAN)

Adapun maskapai yang terdampak akibat penutupan runway ini adalah sebagai berikut :

1. Batik 6670 – 6673 rute CGK-AAP, AAP-CGK
2. Batik 6646 – 6693 rute DPS-AAP, AAP-YIA
3. Batik 6672 rute CGK (RON AAP)
4. Lion 868 – 665 rute JOG-AAP, AAP-SUB
5. Citilink 422 – 423 rute CGK-AAP, AAP-CGK
6. Xpress XN 624 rute GHS (RON AAP)
7. Susi air SI 8399 rute MHU (RON AAP)
8. Batik 6257 rute AAP – CGK
9. Batik 6686 rute AAP – UPG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here