Head of Public Relation (PR) Liga Mahasiswa, Achmad Lanang saat jumpa media di Samarinda.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Setelah dua tahun berturut-turut kota Pontianak menjadi tuan rumah, kini giliran kota Balikpapan, Kalimantan Timur dipercaya menjadi tempat gelaran Liga Mahasiswa Futsal Competation Season 7 tahun 2019, di Kaltim pada tanggal 23-29 Oktober.

Liga Mahasiswa rencananya akan diikuti oleh 16 tim se wilayah Kalimantan. Nantinya akan dipilih tiga tim juara untuk mewakili conference Kalimantan untuk bertanding di tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan di kota Malang Jawa Timur.

“Liga Mahasiswa ini dimulai dari Kota Tasikmalaya untuk conference West Java, kemudian ke Palembang, Sumatera Selatan, Balikpapan, Sulawesi, Greater Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan ditutup di Jawa Timur. Kita berharap tim-tim dari Kalimantan dapat berbicara di tingkat nasional mengingat olahraga sepak bola menjadi olahraga favorit masyarakat,” ujar Head of Public Relation (PR) Lima, Achmad Lanang saat temu wartawan di Samarinda, Rabu (2/10).

Dijelaskan Lanang, selain mencari bibit-bibit atlet futsal berbakat, Liga Mahasiswa ini juga merangsang pemberian beasiswa sebagai jaminan apabila terjadi cedera. Diakui Lanang jika momok cedera inilah yang membuat para atlet dan orang tua lebih memprioritaskan pendidikan akademis ketimbang menjadi atlet. “Karena kalau mereka cedera maka setidaknya mereka masih bisa menyelesaikan kuliah,” tambahnya.

Untuk mengikuti Liga Mahasiswa, ada syarat yang harus dipenuhi seorang atlet diantaranya persyaratan usia dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal harus 2.0, serta syarat harus melakukan social responsibility program misalnya membersihkan lingkungan, pelatih anak-anak dan lain-lain.

Nantinya masing-masing conference akan dipilih masing-masing juara I,II dan III dan akan bertanding di tingkat nasional bertempat di Kota Malang, Jawa Timur, dengan mempertemukan juara-juara masing-masing wilayah.

“Untuk hadiah pada Liga Mahasiswa ini cukup besar, yaitu sekitar dua puluhan juta ketika menjadi juara di tingkat nasional, itu tidak termasuk ketika mereka menjuarai di masing-masing conference,” ucap Lanang.

Dipilihnya Samarinda sebagai tempat penyelenggaraan, tentunya tidak lepas dari animo masyarakat terutama cabang olahraga futsal. Selain itu, akses menuju Kaltim juga mudah karena dapat dituju dari kota mana saja di Indonesia.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here