Stadion Batakan yang juga direncanakan sebagai tempat pembukaan Liga 2 Indonesia bersaing dengan stadion di Kediri

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Liga 2 akan segera bergulir pada tanggal 22 Juni 2019, dan Kota Balikpapan dikabarkan siap untuk menjadi tuan rumah pembukaan Liga 2 tersebut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Irvan Taufik, pada Kamis (20/6).

Irvan menjelaskan, jika Stadion Batakan Balikpapan ditunjuk sebagai tuan rumah pembukaan liga 2 maka bisa dipastikan akan siap, hal ini karena Stadion Batakan Balikpapan merupakan salah satu stadion bertaraf internasional.

“Kita sih siap aja. Stadion kita juga sudah kelas Internasional jadi saya rasa enggak ada masalah. Disini sudah pernah main Arsenal, Liverpool dan Timnas,” ujarnya.

Lanjut Irvan, secara lisan sudah ada pembahasan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku regulator kompetisi untuk menggelar pembukaan kompetisi kasta kedua nasional. Dan Panpel di Balikpapan hanya tinggal menunggu surat resmi dari PT LIB.

“Kalau secara lisan sudah ada pembicaraan, jadi tinggal kita menunggu surat resmi penunjukkan sebagai tuan rumah dan tinggal kita persiapan,” lanjut Irvan.

Mantan Sekretaris Umum Persiba ini mengungkapkan, jika Balikpapan resmi ditunjuk menjadi tuan rumah pembukaan Liga 2, maka laga pembukaan akan mempertemukan Persiba vs PSIM Jogyakarta pada 22 Juni mendatang.

“Ini luar biasa sebenarnya yang awalnya di Kediri tetapi dipindahkan ke Balikpapan. Jadi pembukaan Liga 2 akan dipertandingkan antara Persiba Balikpapan vs PSIM Jogyakarta tanggal 22 Juni,” ujarnya.

Secara infrastruktur Balikpapan layak menjadi tuan rumah pembukaan Liga 2. Karena Balikpapan memiliki stadion Internasional Batakan yang megah. Dia pun yakin masyarakat Balikpapan akan sangat mendukung langkah ini jika memang Balikpapan ditunjuk sebagai tuan rumah pembukaan.

Harapan kita tentunya kepercayaan ini, kita harus tunjukan kepada PT Liga Indonesia Baru sebagai regulator kompetisi bahwa panitia pelaksana siap. Soal ijin kepolisian segerakan kami urus, begitu juga soal tiket. Tidak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Persiba Balikpapan Gede Widiade juga terus menjalin komunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru untuk memastikan Balikpapan apa kah menjadi tuan rumah pembukaan liga 2.
“Kita masih terus komunikasi, karena infrastruktur kita bagus, semua mendukung. Tentu kita akan menjadi tuan rumah yang baik,” ujarnya.

Perihal rencana pemakaian Stadion Batakan sebagai acara pembukaan karena sebelumnya PT Liga Indonesia Baru berencana melakukan pembukaan Liga 2 di Kota Kediri. Namun ada pilihan lain lokasi penyelenggaraan pembukaan Liga 2, yakni Kota Balikpapan.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here