Hujan deras yang terjadi di Kecamatan penajam, tepatnya di halaman belakang kantor Bupati Penajam Paser Utara,(foto:ist)

Oleh ; Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda -– Pada Selasa pagi, ternyata hujan deras mengguyur Kota Balikpapan dan Kecamatan Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara. Hujan turun dengan intensitas deas walaupun hanya berlangsung sekitar 20 menit saja.

Namun, hujan yang telah lama tidak turun disambut dengan gembira dan suka cita oleh warga di kedua lokasi yang berdekatan ini. Apalagi, sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan, hujan ini seolah menjadi bala bantuan untuk mendinginkan lahan-lahan yang sebelumnya terbakar.

“Saya tadi dilapori oleh Panglima (Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto) bahwa kota Balikpapan dan Penajam Paser Utara telah turun hujan. Alhamdulillah, semoga hujan ini membawa berkah,” ujar Gubernur Kaltim Isran Noor di hadapan anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara DPR RI yang datang ke Kaltim, pada Selasa siang (24/9).

Isran berharap hujan ini dapat mengurangi asap di kedua daerah tersebut. Apalagi Kabupaten Penajam Paser Utara, ujarnya adalah calon ibu kota negara. “Untuk kebakaran hutan dan lahan terus kami jaga. Makanya Kaltim paling sedikit hot spot dan asap dibandingkan daerah lainnya,” ujarnya.

Sementara itu warga Kecamatan Waru, Kabupaten PPU, Subur Priyono mengatakan hujan terjadi pada pukul setengah delapan pagi dan terjadi sangat deras.

“Deras mas, walaupun hanya sekitar 20 menit saja tetapi kalau deras begitu sudah cukup membasahi tanah dan memadamkan lahan yang terbakar di PPU,” ucapnya.

Begitupun dengan seorang warga Balikpapan bernama Apriandi menyambut hujan yang terjadi dengan suka cita. “Hujan ini cukup deras dan pasti mengisi mata air untuk sumur-sumur warga dan persediaan air di rumah. Semoga saja kemarau akan segera berakhir,” harapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here