Oleh: M Aulia Rahman / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas) akan disulap menjadi lintasan balap di ajang balap mobil listrik Formula E, pada tahun 2020 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa lintasan balap yang akan dibangun ini nantinya akan menyerupai sirkuit jalan raya yang ada di Kota Paris, Prancis.

Sirkuit itu terletak di sekitar kawasan Les Invalides, sebuah kompleks bersejarah yang dibangun sejak tahun 1670. “Pak Alberto Longo (Chief Championship Officer Formula E) pernah membangun di Paris, tempatnya seperti ini tapi itu cagar budaya,” ujar Anies, Jumat (20/9), di Jakarta.

“Kalau di kita ini bukan cagar budaya, ini baru dibuat beberapa tahun lalu. Tapi intinya kita akan buat di sini,” tuturnya.

Nantinya, kawasan Monas yang akan diubah menjadi arena balap akan dilapisi dengan aspal yang bisa dibuka kembali. “Jadi ditimpa plastik dulu, kemudian baru diaspal. Dengan begitu sewaktu-waktu bisa dibuka lagi,” paparnya.

Anies menyebut, saat pelaksanaan ajang bergengsi tersebut, kawasan Monas akan ditutup selama sepekan. “Diperkirakan satu minggu, lebih sebentar dibandingkan bulan Mei lalu ketika ada sidang di MK dan Bawaslu. Di sana lebih lama dan ini tidak lama,” guraunya.

Meski demikian, Anies masih enggan menjelaskan lebih detail terkait desain lintasan yang akan digunakan pada tanggal 6 Juni 2020. Namun, ia memastikan bila penyelenggaraan Formula E ini tidak akan terlalu banyak menganggu arus lalu lintas di sekitar kawasan Monas.

“Final track-nya nanti, ya ketika sudah selesai gambarnya. Nanti akan diumumkan sekaligus apakah akan ada penutupan jalan atau tidak. Dari perhitungan kami, sampai hari ini Insya-Allah tidak akan menggangu lalu lintas” kata Anies. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here