Oleh: Eko P

Poskaltim.com, Jakarta – Industri vaping di Amerika kini makin diawasi setelah kematian dan penyakit serta lonjakan penggunaan rokok elektrik di kalangan remaja di bawah umur.

BAhkan, raksasa ritel Amerika, Walmart memutuskan tak lagi menjual rokok eletrik di gerainya. Keputusan ini juga dilakukan bersamaan dengan toko Sam’s Clubs setelah serangkaian penyakit misterius dan kematian terkait dengan vaping.

Pengecer terbesar di Amerika yang memiliki kantor pusat di Bentonville, Arkansas itu mengatakan akan berhenti total menjual rokok elektrik setelah stoknya yang ada saat ini habis terjual, ujar sumber yang dikutip VOA News, Jumat (20/9).

“Ada peraturan federal, negara bagian dan lokal mengenai produk vaping,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Presiden AS Donald Trump telah memberikan sejumlah usulan larangan federal terhadap rokok elektrik bercita rasa dan produk vaping.

Putusan ini telah diikuti Negara bagian Michigan yang telah melarang penjualan rokok elektrik aneka rasa minggu ini. Beberapa pemerintah daerah, termasuk San Francisco, juga telah mengesahkan larangan membeli tembakau bercita rasa.

Sebelumnya, rokok elektrik menjadi bagian kecil dari bisnis nikotin Walmart, selain juga menjual sejumlah produk rokok tradisional, tembakau tanpa asap dan permen karet nikotin.

“Sejauh ini lebih dari 500 orang telah didiagnosis menderita penyakit pernapasan setelah menggunakan rokok elektrik dan alat vaping lainnya,” menurut pejabat kesehatan AS.

Regulator Federal Amerika juga telah memulai penyelidikan pidana terhadap penyakit paru-paru yang berhubungan dengan rokok elektrik.

Sampai Kamis (19/9), Federal menyebut tujuh kematian serta 530 kasus yang sudah dikonfirmasi dan yang masih diduga penyakit serius terkait dengan vaping.

Sebelum ini asosiasi dokter amerika (AMA) mengeluarkan imbauan agar masyarakat berhenti mengkonsumsi rokok jenis ini. Hal senada dikeluarkan Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendesak orang-orang untuk berhenti menggunakan rokok elektrik.

Llalu, bagaimana dengan Indonesia yang masih melegalkan rokok dengan aneka cita rasa ini? (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here