Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Apple terus berusaha memanjakan pengguna game nya. Baru-baru ini dirilis layanan yang cukup menarik bagi para gamers. Namanya Apple Arcade, ini merupakan layanan berlangganan untuk bermain game sepuasnya.

Konsep yang ditawarkan Apple Arcade adalah menyuguhkan deretan game ekslusif kepada pengguna seluruh platform-nya. Namanya seluruh berarti bukan cuma iOS saja, tapi juga mencakup Apple TV dan Mac. Jadi dengan satu tarif berlangganan saja, pelanggan dapat memainkan koleksi game-nya di iPhone, iPad, Apple TV maupun Mac.

Layanan berlangganan game ini akan dirilis pada 19 September mendatang. Anda bisa berlangganan dengan biaya hanya $ 4,99 / AU $ 7,99 / AED 19,99 (sekitar £ 4) sebulan. Menariknya, semua game yang tersaji di Apple Arcade dapat dimainkan secara offline. Semua game dalam Apple Arcade bebas dari in-app purchase maupun iklan, tidak seperti game di App Store yang mayoritas mengadopsi model free-to-play. Apple memastikan jika tidak ada lagi biaya tambahan yang harus ditebus pelanggan.

Selain itu, Apple Arcade juga mendukung sinkronisasi cloud. Jadi, jika Anda sedang memainkan suatu game di Apple TV, lalu ketika Anda meninggalkan rumah, Anda bisa melanjutkan progress-nya di iPhone, demikian pula sebaliknya. Pada awal peluncurannya nanti, Apple Arcade menjanjikan lebih dari 100 game baru. Bukan sekadar baru, tapi semua game tersebut juga bersifat eksklusif, alias hanya bisa dimainkan apabila Anda berlangganan Apple Arcade.

Sejumlah developer termasuk SEGA, Konami dan Lego dikabarkan terlibat dalam projek Apple ini. Hironobu Sakaguchi, sosok di balik lahirnya franchise Final Fantasy, juga berhasil Apple gaet untuk menggarap game berjudul Fantasia buat Apple Arcade. Direncanakan, Apple Arcade baru akan tersedia mulai musim gugur mendatang di 150 negara sekaligus. Arcade nantinya dapat diakses lewat sebuah tab khusus di App Store, baik itu di iOS, tvOS maupun macOS. Sayang belum ada informasi terkait berapa tarif berlangganannya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here