Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Samarinda dilangsungkan di Stadion Madya Sempaja, Sabtu (17/8)) yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, TNI-Polri dan Aparatur Sipil Negara serta anggota pramuka dan beberapa organisasi kemasyarakatan.

Dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, Gubernur Kaltim bertindak sebagai inspektur upacara dan didampingi Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. Dalam amanatnya, Isran Noor mengucapkan rasa syukur atas perjuangan pendahulu bangsa Indonesia sehingga pada HUT RI Ke-74 bangsa Indonesia masih dapat memperingatinya.

Menurutnya, perjuangan pendahulu bangsa harus terus dilanjutkan. Tantangan demi tantangan yang dihadapi harus memicu semangat bagsa, bukan sebaliknya justru mengendur dan menyerah.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda, Jumat (16/08) malam.

Tepat pukul 24.00 Wita apel kehormatan dan Renungan Suci dipimpin oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto selaku Inspektur Upacara (Irup) dimulai dan berlangsung khidmat dengan hanya diterangi cahaya bulan dan kilauan nyala obor.

“Terima kasih untuk para pejuang, karena mereka yang telah membebaskan bangsa kita dari penjajahan. Apel kehormatan dan renungan suci ini adalah salah satu pendidikan bagi generasi sekarang untuk memperingati dan menghargai jasa-jasa pejuang kita,” ujar Isran Noor.

Tampak hadir, Forkopimda Kaltim, diantaranya Kabinda Kaltim Brigjen TNI Masrumsyah, Irdam VI Mulawarman Kolonel Czi I Nyoman Parwata, Kepala Pengadilan Tinggi Kaltim Sutoyo, Wakajati Kaltim Sarjono Turin, Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, Wakil Walikota M Barkati dan Forkopimda Kota Samarinda, serta kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here