Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Selama libur lebaran tahun 2019 ini, angka kecelakaan di wilayah Polres Balikpapan dinilai menurun secara signifikan. Dalam Operasi Ketupat Mahakam 2019, data Satlantas Polres Balikpapan hanya menangani satu perkara saja. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto, Senin (10/6).

“Alhamdulillah tahun ini menurun signifikan, sampai hari ini baru ada satu perkara. Ini merupakan penurunan jika dibandingkan dari tahun sebelumnya ya,” ujarnya.

Lanjut Noordhianto, jika dibandingkan pada Operasi Ketupat Mahakam tahun 2018 lalu, selama dua pekan perkara kecelakaan terjadi sebanyak lima perkara, dan sebanyak dua orang mengalami luka berat serta empat mengalami luka ringan.

“Tahun 2019 ini yang ada hanya satu perkara, itu pun luka ringan. Jika tahun 2018 lalu ada lima perkara,” jelasnya.

Menurut Noordhianto, penurunan angka kecelakaan lalu lintas ini pada momen lebaran disebabkan adanya kegiatan pengamanan dan pelayanan yang difokuskan pada kedisiplinan. Posko pengamanan dan pelayanan ini disebar di beberapa titik rawan lakalantas di Balikpapan.

“Kan selama 12 hari sebelumnya kita sudah laksanakan operasi keselamatan. Jadi warga masih mau untuk mematuhi aturan lalu lintas dengan benar,” ujarnya.

Selain itu terjadinya penurunan kecelakaan di Balikpapan juga disebabkan oleh faktor eksternal, dimana tahun ini pemudik lebaran yang menggunakan jalur udara berkurang, dengan dibukanya Bandara APT Pranoto di Kota Samarinda.

“Ada penguraian besar. Jadi minim pengemudi yang terburu-buru ke bandara seperti tahun-tahun sebelumnya, yang menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ucapnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here