Salah satu meme yang ramai beredar di media sosial warga Kaltim tentang pemindahan ibu kota negara. Selain menjadi hiburan, meme ini menunjukkan antusiasnya warga Kalimantan menyambut pemindahan ibu kota negara.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Sejak ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur, sebagai lokasi ibu kota Negara, euphoria warga Kaltim khususnya dan Kalimantan pada umumnya menyambut pemindahan ibu kota baru Republik Indonesia dengan suka cita.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kaltim dinilai sebagai bentuk pemerataan pembangunan yang dipastikan akan berujung pada peningkatan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi warga lokal.

Selain di dunia nyata, komentar warganet di dunia maya juga bertebaran memenuhi media sosial, meme-meme kreatif tentang dipindahnya Monumen Nasional (Monas) misalnya, membuat siapa saja yang melihat gambarnya akan tertawa.

“Sebelum Monas dipindahkan, kami di kampung sudah lama menikmati keindahan Monas, walaupun ukurannya lebih pendek dari yang ada di Jakarta,” ujar Daeng Saso, warga Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara melalui sambungan telepon dengan Poskaltim.com, Jumat (6/9).

Dirinya yang pernah sekali bepergian ke Jakarta sangat menyambut baik pindahnya ibu kota Negara ke Kaltim. Walaupun jauh dari tempat tinggalnya, Daeng Saso yakin Kaltim akan bertambah maju dengan gedung-gedung tinggi seperti yang pernah dilihatnya ketika ke Jakarta.

Kabupaten Kutai Kartanegara sudah lama memiliki Monas yang dibangun tahun 2012 lalu, jauh sebelum Presiden mengumumkan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.
Sementara itu, ramainya keinginan warganet yang berharap pembangunan ibu kota Negara kelak tidak menggunduli hutan yang ada di sekitarnya. Ini bukti masyarakat Indonesia tetap sadar akan fungsi hutan yang memang masih banyak terdapat di Pulau Kalimantan.

“Pembangunan ibu kota Negara boleh saja berlangsung. Apalagi pemerintah mewacanakan pembangunan berkonsep gedung tinggi dan bukan rumah kompleks yang banyak memerlukan pembukaan lahan dan menebang hutan,” ujar Muhammad Fauzan Noor yang berprofesi sebagai salah seorang dosen di Samarinda.

Sejak pengumuman dipindahkan ke Kalimantan pada 16 Agustus lalu oleh Presiden Joko Widodo, euforia pemindahan ibu kota juga banyak disikapi warganet, yang paling ramai adalah pemindahan Monas sebagai ikon Kota Jakarta.
Ada Monas yang diboyong menggunakan roket, pesawat ulang alik luar angkasa hingga Monas yang dipindahkan menggunakan kapal tanker.

“Kami warga Kaltim menyambut dengan gembira pemindahan ibu kota Negara. Saya rasa berbagai meme yang muncul di dunia maya menandakan suka ria tersebut,” ujar Bimo yang kerap mengirimkan foto-foto lucu di grup aplikasi Whatsapp dan facebooknya. (YAN/foto-foto:ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here