Oleh : Herry Joesoef / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Dalam sepekan, umat Islam punya hari yang paling istimewa. Yakni, hari Jumat. Jika umat Yahudi punya hari raya yang namanya Sabtu, umat Kristen punya hari raya yang namanya Ahad, lalu Allah membimbing umat Islam untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya.

Inilah hari pembeda antara tiga pemeluk agama, sebagaimana Rasullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Imam Muslim)

Selain itu Adam Alaihis Salam diciptakan dan hari Kiamat terjadi juga di hari Jumat, sebagaimana hadits yang dinarasikan oleh Abu Hurairah, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Imam Muslim dan at-Tirmidzi)

Karena itu, di hari jumat ada beberapa amalan yang diutamakan dilaksanakan oleh umat Islam. Amalan tersebut adalah:

Pertama, Bacaan Shalat Subuh. Imam shalat Shubuh di hari Jumat dianjurkan membaca Surah As Sajdah dan Surah Al Insan, sebagaimana hadits, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jumat “Alam Tanzil …” (surah As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surah Al Insan) pada raka’at kedua.”(HR. Imam Muslim)

Kedua, Membaca Surah Al Kahfi, Yasin dan al-Shaffat. Dinarasikan oleh Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim)

Membaca surah Al Kahfi, bisa dilakukan pada malam Jumat atau siang hari di hari Jumat. Selain Surah Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan membaca Surah Yasin dan al-Shaffat pada hari Jumat. Keutamaan membaca surah tersebut dituangkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud, “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.”

Ketiga, Memperbanyak shalawat Nabi. Adalah Abu Umamah menarasikan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Imam Baihaqi)

Barangsiapa membaca shalawat untuk Nabi, maka ia akan diangkat derajatnya, ditambah kebaikannya dan dihapuskan keburukannya.

Keempat, memperbanyak do’a. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membicarakan tentang hari Jumat, lalu beliau bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Isyarat tangan Rasulullah dalam hadits diatas menunjukkan bahwa waktunya tidak banyak. Karena itu, para ulama berbeda pendapat tentang waktunya. Imam Muslim, An Nawawi, Al Qurthubi, Ibnul Arabi dan Al Baihaqi, berpendapat, waktunya adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jumat selesai. Adapun pendapat kedua, diwakili oleh Imam Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, berpendapat setelah Ashar. Dua-duanya benar karena berdasarkan hadits yang shahih. Karena itu, di dua waktu tersebut hendaknya kita perbanyak do’a. (HMJ/YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here