Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Kru Tim Suzuki Ecstar akhirnya bergemuruhdan sangat tidak menyangka jika pembalap mereka Alex Rins mampu menjuarai balapan MotoGP Inggris di Silverstone setelah mengalahkan Marc Marquez (Repsol Honda) di tikungan terakhir jelang finis, Ahad (25/8).

Marquez, yang memimpin hampir sepanjang lomba, mendapati kejutan pada detik-detik terakhir dari rival senegaranya itu sebelum finis runner-up dengan margin sangat tipis 0,013 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales mengekor di podium dengan finis ketiga.

Rins, yang start dari P5 langsung melesat tiga posisi ke depan untuk memburu Marquez di depan.

Valentino Rossi yang melorot ke P3, dilewati oleh rekan satu timnya, Maverick Vinales pada lap ketujuh, dengan permasalahan klasik pada system elektrinika mesin mereka.

Juara GP Amerika Serikat itu terlibat salip menyalip dengan Marquez di lap ke-9 namun sang pembalap Honda mampu merebut kembali pimpinan lomba.

Pembalap bernomor 42 itu menjaga jaraknya di bawah 0,5 detik di belakang Marquez. Keduanya kembali saling salip di dua lap terakhir sementara Vinales semakin mendekat di P3.

Rins melancarkan serangan terakhirnya di tikungan terakhir untuk menyalip Marquez dari sisi dalam jelang finis dan meraih kemenangan keduanya musim ini. Padahal kru tim Suzuki Ecstar sudah pasrah dan puas jika pembalap mereka berada di posisi ke dua. Namun kejutan yang diberikan Alex Rins menjadi kejutan yang luar biasa di penghujung lomba tersebut.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here