JAlan tol yang telah rampung namun ada saluran drainase yang pembuangannya menuju ke tanah warga dan belum dibebaskan lahannya.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Jalan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda sepanjang 99,9 Km masih menyisakan sedikit pekerjaan. Padahal jalan tol ini rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada November mendatang.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltim, Taufik Fauzi yang dihubungi Jumat (4./10).

“Pekerjaan sudah rampung 95 persen. Namun untuk segmen 1 di Kota Balikpapan dan segmen 5 di Palaran Samarinda masih menyisakan pekerjaan drainase yang buangan airnya melalui tanah warga.

Untuk segmen satu berbenturan dengan lahan milik warga, namun persoalan tanah ini sudah masuk ke dalam tahap konsinyasi di pengadilan untuk menentukan harga tanah milik warga yang bersinggungan dengan proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda ini..

“Ada lima peta bidang yang saat ini kami tunggu putusannya. Sebenarnya sudah tidak ada masalah lagi. Semua bisa diselesaikan dan dikerjakan,” jelasnya.

Dana yang dianggarkan untuk pembebasan lahan pada segmen satu ditanggung oleh APBD Kaltim dengan total dana bantuan sebesar lebih dari Rp 300 miliar.

Menurut Taufik jalan tol sepanjang 99,9 Km ini sudah layak untuk digunakan. “Peresmian ini kan bisa saja diresmikan sebagian, mungkin nanti sebanyak 10 sampai 30 kilo yang akan difungsikan dulu,” jelasnya.

Sementara itu, sebuah sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan jika jalan tol yang telah selesai ini ditutup total oleh pihak perusahaan dan pihak keamanan dari Brimob Kaltim.

“Sekarang jika ingin melintas harus izin tertulis. Saya kan sering bawa tamu (Pemprov Kaltim) yang ingin melihat, dulu bebas saja, sekarang sejak ada rencana akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, jalan tol tidak boleh dilintasi masyarakat umum,” ucapnya.

Jika jalan tol ini rampung dan dapat dioperasikan pada akhir tahun, maka ini akan memperpendek jarak antara dua kota besar di Kaltim yaitu Balikpapan dan Samarinda. Selama ini dengan jalan yang ada jarak tempuhnya rata-rata selama 2,5-3 jam. Sedangkan jika nantinya menggunakan jalan tol diperkirakan waktu tempuhnya hanya sekitar 1,5-2 jam saja.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here