Oleh: M Aulia Rahman / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Ajang balap mobil Formula E bakal digelar tahun depan di Jakarta. Jalanan di kawasan Jakarta akan menjadi rute balap mobil listrik tersebut.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, belum bisa mengumumkan perihal tanggal penyelenggaraan ajang balap mobil tingkat internasional ini tersebut.

“Insya-Allah jadi (tahun 2020), tapi waktu persisnya saya hanya bisa diumumkan ketika bersama dengan pihak Formula E,” ujarnya. Ia mengatakan, demi menggelar acara internasional ini, Pemprov DKI harus merogoh kocek hingga 20 juta poundsterling atau setara dengan Rp343 miliar.

Jumlah sebesar itu harus dibayarkan Pemprov DKI kepada Federasi Otomotif Dunia (FIA) sebagai uang jaminan atau commitment fee. “Jumlahnya (commitment fee) sebesar 20 juta poundsterling atau untuk Formula E itu 24,1 juta dolar Amerika Serikat,” tuturnya di kawasan GBK, Jakarta Pusat.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Achmad Firdaus, mengatakan bahwa uang sebesar itu dikeluarkan pemprov dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. “Dananya menggunakan APBD. Pelaksanaannya tahun 2020. Persiapan uang dipakai dari 2019,” kata Firdaus. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here