Sebanyak 300 ekor kucing milik warga berhasil divaksin secara cuma-cuma dalam expo Hari Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Sebanyak 300 ekor kucing telah divaksin anti rabies selama pelaksanaan Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2019, yang berlangsung di halaman parkir Hotel Atlet GOR Madya Sempaja, 10-12 Oktober 2019.

“Penularan dan pengidap penyakit rabies sebenarnya terbanyak adalah kucing, karena hampir di setiap rumah tangga, terdapat kucing peliharaan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Dadang Sudarya, usai penutupan expo pada Sabtu (12/10).

Selama expo berlangsung, pelayanan vaksin gratis ini diberikan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kaltim, sebagai antisipasi penularan penyakit rabies terhadap hewan peliharaan baik kucing maupun anjing.

Pelayanan khusus di stan expo setiap hari dimulai pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita dan berhasil memberikan vaksinasi kepada kucing sebanyak 300 ekor, terutama adalah kucing-kucing peliharaan eksotis, seperti jenis Angora dan lainnya.

Penutupan dilakukan oleh Plt Sekda Prov Kaltim, Mohammad Sa’bani didampingi Ketua Penggerak PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Dadang Sudarya, Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Kaltim, Ibrahim.

Sa’bani berharap kegiatan serupa dapat berlangsung secara berkelanjutan dan dengan kualitas dan jumlah peserta yang lebih meriah lagi.

“Kita berharap setiap tahun diselenggarkan peringatan Hari Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan. Sehingga program dan informasi pembangunan peternakan dapat diketahui masyarakat luas,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here