Gubernur Kaltim berencana merancang beasiswa khusus sekolah SMK agar lebih siap kerja.(foto:ist)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Setelah mencanangkan Program Beasiswa Kaltim Tuntas 2019 sebesar Rp165 miliar yang mencakup sasaran sebanyak 11.106 pelajar dan mahasiswa, Gubernur Kaltim Isran Noor berambisi untuk merancang kualitas pendidikan yang lebih baik untuk pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Tahun 2020 kita rancang desainnya, siswa SMk itu memiliki marwah dan martabatnya. Kalau perlu kita kurangi penerimaan (siswa) nya, tetapi fasilitasnya kita tingkatkan. Jadi lulusan SMK itu memiliki kebanggaan dan keterampilan mumpuni,” ujarnya, Rabu (18/9).

Isran berangan-angan agar siswa SMK tidak saja memiliki keterampilan sesuai dengan bidang yang diambilnya di sekolah tetapi juga ada keahlian lainnya seperti peningkatan bahasa dan kemampuan lainnya di luar keterampilan di sekolah.

Dicontohkan gubernur, pengetahuan bahasa menjadi sangat penting bagi setiap anak SMK karena para lulusannya harus sudah siap untuk bekerja. Dengan kemampuan bahasa yang mumpuni, maka lulusan SMK yang telah dipersiapkan dapat menyongsong kerja yang lebih luas di dunia internasional.

“Kalau ada yang berminat bahasa Arab, Spanyol, Prancis, Cina dan lain-lain, kita akan kirim mereka ke tempat-tempat yang memiliki bahasa tersebut untuk belajar langsung sambil praktek kerja. Jadi langsung dikirim ke negara pemilik bahasa. Karena kemampuan bahasa itu penting untuk berkomunikasi dan menerapkan kemampuannya. Kalau bahasa kan tidak lama, paling setahun. Jadi ketika mereka lulus sudah memiliki akreditasi yang dihormati,” ujarnya.

Sebuah kemajuan negara, ujarnya hanya dengan pengetahuan. Jika didik dari saat ini, maka dalam 12 sejak SD, SMP dan SMA, baru kita bisa petik hasilnya. Negara ini tidak hanya 12 tahun, tetapi bias berabad-abad.

“Jadi nanti kalau bisa praktek di SMK itu 70-30, 70 persen praktek. Setahun kita kirim mereka ke tempat yang sesuai dengan kompetensi mereka. Cobalah kita rancang beasiswa khusus buat siswa SMK ini. Jadi itu cita-cita dan angan-angan saya. Tahun 2020 coba kita rancang,” tegasnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here