Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Aktris cantik Jessica Iskandar memperlihatkan di sebagian wajahnya yang nampak merah membentuk pulau yang lebar. Ia mengaku jika ruam itu karena alergi pascaanestesi. Kabar ini tentu saja membuat warganet ramai memberi komentar.

“Guys, jadi ini wajah aku sudah pakai foundation, sudah tebal banget. Tapi, merah-merahnya masih kelihatan. Baiknya di apain ya?” tanya Jessica Iskandar meminta saran untuk mengatasi kulit wajahnya yang kemerahan.

Melansir dari Healthline, reaksi alergi selama pemberian anestesi, dapat terjadi. Gejala alergi umumnya seperti ruam, gatal-gatal, kulit yang gatal, pembengkakan, nafas pendek hingga batuk.

Pada kasus yang lebih serius, anafilaksis atau reaksi alergi bahkan bisa mengancam jiwa. Berikut gejala-gejalanya:

1. Napas pendek parah karena penutupan saluran udara
2. Tekanan darah rendah
3. Denyut jantung sangat cepat atau lambat
4. Pusing dan syok
5. Gagal jantung

Pada kasus yang jarang, reaksi yang mengancam nyawa (anafilaksis) juga bisa terjadi. Beberapa gejalanya antara lain:

1. Sesak napas parah karena tertutupnya saluran udara.
2. Tekanan darah sangat rendah.
3. Detak jantung sangat cepat atau sangat lambat, atau irama jantung abnormal (aritmia).
4. Pusing.
5. Syok.
6. Gagal napas.
7. Gagal jantung

“Gejala alergi yang dialami Jessica Iskandar tergolong ringan dan masih bisa diatasi dengan metode pengobatan medis,” ujar dr. Devia Irene Putri dari klik dokter.

Reaksi alergi terhadap anestesi biasanya disebabkan oleh agen penghambat neuromuskuler (NMBA), obat yang mencegah otot bergerak.

Tetapi, orang juga bisa memiliki reaksi alergi terhadap obat lain yang digunakan selama proses anestesi, termasuk antibiotik dan chlorexide antiseptik.

Apabila Anda sampai mengalami gejala reaksi alergi anestesi di wajah seperti yang dialami oleh Jessica Iskandar, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here