Pemerintah Malaysia mengusir 117 Warga Negara Indonesia (WNI) ilegal di Sabah dan memulangkannya melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara)

Oleh : Prima Prabowo / Yuliawan A

Poskaltim.com, Nunukan – Pemerintah Malaysia mengusir 117 Warga Negara Indonesia (WNI) ilegal di Sabah dan memulangkannya melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Kamis (11/7).

Kepala Seksi Intel dan Penindakan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Nunukan, Bimo Mardi Wibowo mengatakan bahwa ratusan WNI yang diusir kali ini berasal dari wilayah kerja Konsulat RI Tawau.

Sesuai den surat KRI Tawau No:751/Kons/VII/2019, mereka tiba di TPI Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan menggunakan KM Mid East Express sekitar pukul 17.00 WITA.

Dari 117 WNI yang diusir tersebut terdiri dari 88 laki-laki, 28 perempuan dan seorang anak-anak.

Pada Jumat (12/7) seperti dilansir Antara menjelaskan bahwa pihak imigrasi mencatat jenis kasus pelanggaran yang dilakukan ratusan WNI ini mencakupi pelanggaran keimigrasian sebanyak 78 orang, narkoba sebanyak 36 orang dan tiga kasus kriminal.

Jalan yang digunakan para pekerja imigran masuk ke Malaysia secara ilegal yaitu melalui Pelabuhan Tradisional Sungai Nyamuk Sebatik Timur, Pelabuhan Tradisional Aji Kuning Sebatik Tengah dan Pelabuhan Tradisional Sungai Bolng Nunukan Utara.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here